Inilah Sajian Ikan Khas Bengkulu Dengan Rasa yang Maknyus

Inilah Sajian Ikan Khas Bengkulu Dengan Rasa yang Maknyus

Inilah Sajian Ikan Khas Bengkulu Dengan Rasa yang Maknyus – Bengkulu adalah salah satu provinsi yang terletak di barat daya pulau Sumatera. Bengkulu memiliki nama ibu kota yang sama dengan provinsinya, yaitu ibu kota Bengkulu. Bengkulu juga memiliki julukan sendiri, yaitu Bumi Rafflesia. Pasalnya, Bengkulu dikenal akan bangunan-bangunan bersejarah, salah satunya seperti benteng peninggalan Inggris.

Bengkulu juga sangat terkenal dengan beragam objek wisata, mulai dari wisata budaya, wisata alam, bahkan kuliner. Saat berkunjung ke Bengkulu tentu tidak akan lengkap jika melewatkan makanan khas Bengkulu. Pasalnya, aneka makanan khas Bengkulu ini cukup unik dan tidak akan ditemukan di daerah lain. Selain itu, makanan khas Bengkulu ini rasanya dijamin menggoyang lidah.

Bengkulu menjadi salah satu tempat habitat bunga terbesar di dunia, yakni Rafflesia arnoldii. Gak cuma itu saja, Bengkulu juga dikenal memiliki wisata alam yang beraneka ragam. Setelah puas mengunjungi tempat wisata, jangan lupa juga untuk menyicipi kuliner khas Bengkulu yang memiliki cita rasa yang khas. Nah, kali ini kita akan membahas olahan ikan yang kaya akan zat gizi dan gurihnya bikin gagal fokus.

1. Bagar hiu
5 Sajian Ikan dari Bengkulu yang Gurihnya Bikin Gagal Fokus, Maknyus!

Sesuai dengan namanya, bagar hiu merupakan olahan ikan hiu yang di masak sama seperti rendang, namun tidak menggunakan santan.

Bagar hiu juga menjadi makanan favorit Bung Karno ketika di asingkan ke Bengkulu pada tahun 1938-1942. Gak bisa dijumpai setiap hari, kuliner olahan ikan hiu ini bisa kita temui saat bulan ramadan tiba.

2. Lema
5 Sajian Ikan dari Bengkulu yang Gurihnya Bikin Gagal Fokus, Maknyus!

Lema merupakan gulai yang terbuat dari olahan rebung dan ikan mujair yang di rebus dengan bambu. Kuliner legendaris ini memiliki cita rasa pedas, asam, dan gurih.

Namun, jika salah mengolahnya, rasanya akan menjadi asam dan menimbulkan bau tak sedap yang bikin kita gak nafsu makan.

3. Pendap
5 Sajian Ikan dari Bengkulu yang Gurihnya Bikin Gagal Fokus, Maknyus!

Pendap di kenal memiliki proses memasak yang cukup lama. Tetapi, rasa kuliner khas Bengkulu ini gak bisa di ragukan lagi.

Ikan jenis tertentu yang sudah di campur dengan rempah-rempah, di masak secara khusus dengan daun talas atau daun pisang selama 8 jam. Hal tersebut supaya bumbu benar-benar meresap ke dalam ikan

4. Rebung asam undak liling
5 Sajian Ikan dari Bengkulu yang Gurihnya Bikin Gagal Fokus, Maknyus!

Gulai yang satu ini cocok banget di santap ketika berbuka puasa, lho. Rebung asam undak liling terbuat dari rebung dan liling (keong sawah), yang dimasak dengan bumbu khusus.

Oh iya, keong sawah juga bisa di tukar dengan ikan air tawar. Rasanya pun gak kalah nikmatnya, lho.

5. Tempoyak
5 Sajian Ikan dari Bengkulu yang Gurihnya Bikin Gagal Fokus, Maknyus!

Tempoyak merupakan olahan durian yang di fermentasi. Salah satu sajian yang menggunakan olahan tempoyak ialah gulai tempoyak ikan patin.

Perpaduan rasa gurih, asam dan pedas, bikin kita gak mau berhenti melahap. Apalagi di tambah dengan teh anget yang menjadikan sensasi hangat di tubuh kala cuaca dingin. Wajib di coba!

Makanan khas Bengkulu yang berasal dari buah durian lainnya yaitu tempoyak. Bahan dasar yang di gunakan untuk membuat tempoyak adalah fermentasi buah durian. Yang unik, tempoyak khas Bengkulu ini biasa di olah dengan ikan patin.

Maka tidak heran jika rasanya sangat unik dan lezat. Sehingga tempoyak wajib di coba saat sedang berkunjung ke Bengkulu.