Inilah Beberapa Jenis Sajian Soup Pedas Korea yang Menggugah Selera

Inilah Beberapa Jenis Sajian Soup Pedas Korea yang Menggugah Selera

Inilah Beberapa Jenis Sajian Soup Pedas Korea yang Menggugah Selera – Maeuntang (sup pedas) adalah masakan sup ikan pedas khas Korea yang direbus dengan saus gochujang. Asal nama maeuntang adalah kata maeun yang berarti pedas dan tang yang berarti sup.

Bahan utama maeuntang adalah ikan air tawar atau laut segar yang direbus bersama saus gochujang, bubuk cabai (gochugaru), sayuran hijau seperti, selada air, tanaman ssuk-gat (garland chrysanthemum) serta bawang, lobak, daging sapi, cabai, zucchini, tahu, dan berbagai jenis bumbu dan rempah-rempah.

Ikan adalah bahan baku untuk masakan yang difavoritkan banyak orang. Selain bergizi tinggi, daging ikan pun dikenal akan kelezatannya. Ikan juga terdiri dari aneka jenis yang tentunya memiliki keunikan tersendiri. Nah, di Korea Selatan, ada sajian berbahan utama berupa ikan yang dapat dipilih saking beragamnya. Hidangan ini bernama maeuntang. Di bawah ini adalah ulasannya.

1. Maeuntang alias spicy Korean fish stew berasal dari kata maeun (pedas) dan tang (sup)
5 Trivia Maeuntang, Sup Ikan Pedas Korea dengan Banyak Pilihan Ikan

Berdasarkan etimologinya, penamaan mauentang berasal dari dua kata. Pertama, kata mauen yang berarti pedas dan kedua yakni kata tang yang merujuk pada jenis hidangan sup. Oleh sebab itu, sup ikan pedas ala Korea ini juga di kenal dengan nama spicy Korean fish stew.

2. Maeuntang menggunakan ikan air laut dan ikan air tawar, serta di lengkapi ragam bahan lain
5 Trivia Maeuntang, Sup Ikan Pedas Korea dengan Banyak Pilihan Ikan

Ikan yang di gunakan untuk mengolah maeuntang merupakan jenis ikan air laut maupun ikan air tawar. Kendati demikian, maeuntang tak hanya terdiri dari ikan. Pasalnya, bahan-bahan lain pun turut di tambahkan agar komposisi hidangan menjadi lebih menarik.

Ikan tersebut di rebus bersama gochujang (pasta cabai khas Korea), lobak, selada, jamur, zucchini, tanaman ssuk-gat (garland chrysanthemum), dan rempah-rempahnya.

3. Maeuntang memiliki cita rasa pedas yang menonjol sebab penggunaan gochujang
5 Trivia Maeuntang, Sup Ikan Pedas Korea dengan Banyak Pilihan Ikan

Cita rasa yang menonjol saat menyantap maeuntang adalah pedas. Hal ini bercikal-bakal dari penggunaan gochujang (pasta cabai khas Korea). Alhasil, kuahnya pun tampak kemerahan. Bahan-bahan lain pun juga turut menyumbangkan cita rasa seperti rasa gurih.

4. Maeuntang di restoran menawarkan variasi ikan yang dapat di pilih pembeli sesuai selera
5 Trivia Maeuntang, Sup Ikan Pedas Korea dengan Banyak Pilihan Ikan

Jika melahap maeuntang di restoran, pembeli biasanya di suguhkan beberapa jenis ikan yang dapat di pilih sesuai selera. Umumnya, ikan tersebut adalah kerapu, pollack, kod, kakap merah, tigawaja, yellow corvina, trout, hingga ikan mas. Selain itu, makanan laut lainnya seperti kerang juga kerap di tawarkan sebagai pelengkap.

5. Maeuntang di lahap selagi hangat dan biasanya di jadikan sebagai pendamping soju
5 Trivia Maeuntang, Sup Ikan Pedas Korea dengan Banyak Pilihan Ikan

Untuk penyajiannya, maeuntang di hidangkan selagi hangat. Umumnya, masyarakat Korea melahap sup ini bersama soju (minuman beralkohol khas Korea). Selain itu, maeuntang pun gemar di nikmati saat musim dingin atau saat hujan.

Banyak restoran yang menjual menu sup ini dengan mengizinkan para pembeli memilih sendiri ikan yang mereka inginkan dari aquarium. Jenis ikan yang umum di cari pembeli adalah ikan kakap merah, kerapu, yellow corvina, kod, tigawaja, pollack, dan ikan air tawar seperti ikan mas dan trout. Adapula pilihan lain seperti kepiting, kerang dan tiram.

Sup ini sangat populer sebagai teman minum soju dan hoe (ikan mentah). Jika memesan maeuntang bersama hoe, maka hoe akan di buat dari jenis ikan yang di pesan.