Pengenalan Tentang Ikan Botia Air Tawar

Majalah Ikan – Ikan Botia adalah jenis ikan hias air tawar yang berasal dari perairan tropis wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur seperti Indonesia, India, Myanmar, Tiongkok dan Jepang.

Botia merupakan ikan nokturnal berukuran kecil yang gemar bergerombol dan bermain didasar akuarium dan cukup populer dikalangan para pencinta ikan hias air tawar karena memiliki warna yang menarik.

Pengenalan Tentang Ikan Botia Air Tawar

Terdapat 56 spesies ikan botia diseluruh dunia, namun yang paling populer adalah jenis botia yang berasal dari Indonesia yaitu Botia macracanthus yang dikenal dengan beberapa nama seperti bajubung, botia badut, bacubang, botia sumatera, botia borneo, dan clown loach.

Di Indonesia, ikan botia bisa ditemukan hidup di alam liar di sungai Batanghari (Sumatera) dan sungai Barito (Kalimantan).

Dilihat juga: Pengenalan Tentang Ikan Discus

Pada awalnya ikan botia asal Indonesia yang diperdagangkan adalah ikan yang berasal dari tangkapan di alam liar, namun karena tingginya permintaan membuat terjadi perburuan botia secara besar-besaran.

Perburuan besar-besaran ini membuat jumlah ikan botia di sungai Batanghari dan sungai Barito menurun drastis bahkan terancam mengalami kepunahan.

Karena itulah sejak tahun 2004 Kementrian Kelautan dan Perikanan mulai melakukan penangkaran dan pembudidayaan dan sebagian dari ikan botia hasil penangkaran tersebut dilepaskan kembali di sungai-sungai tersebut dan sebagian lagi dibudidayakan kembali untuk memenuhi permintaan ekspor yang tetap tinggi.

Jenis Botia Terbesar

Botia merupakan ikan air tawar berumur panjang (bisa mencapai 20 tahun) dengan ukuran tubuh rata-rata 6 cm – 40 cm tergantung dari spesies-nya dan ikan jenis botia spesies royal clown loach yang berasal dari Tiongkok merupakan yang paling besar dan mencapai panjang tubuh hingga 50 cm.

Sedangkan clown loach botia yang berasal dari Indonesia ukuran terbesarnya adalah sekitar 30 cm, namun ikan botia asal Indonesia yang boleh diperdagangkan adalah yang berukuran kurang dari 15 cm karena yang berukuran lebih dari 15 cm diperuntukkan sebagai ikan indukan.

Dilihat juga: Mengenal Jenis-jenis Clownfish Atau Ikan Nemo

Cara Membedakan Botia Jantan dan Betina

Untuk membedakan antara botia jantan dan betina adalah dengan cara melihat ciri fisiknya yaitu botia jantan memiliki sirip ekor yang lebih panjang dari botia betina dan botia betina memiliki tubuh yang lebih ramping daripada botia jantan.