Majalah ikan -Ikan flying fox merupakan jenis ikan hias air tawar yang sudah umum dipelihara dan hampir setiap pecinta ikan hias sudah mengenal jenis ikan ini.

Ikan flying fox berhabitat di perairan tawar yang hanya ada di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Ikan ini hidup di perairan air tawar, mulai dari sungai-sungai di dataran rendah hingga daerah perbukitan. Biasanya jenis sungai yang dihuni oleh kawanan ikan ini adalah jenis air yang berarus sedang dan agak sedikit keras.

Mengenali Ciri-ciri Ikan Hias flying fox

Selain itu negara-negara yang menjadi tempat tinggalnya hanya ada beberapa saja seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Di Indonesia, daerah-daerah yang banyak terdapat populasi ikan Flying Fox terbilang cukup luas mulai dari Kalimantan, Jawa, dan Sumatera.

Ikan flying fox memiliki nama latin Epalzeorhynchos Kalopterus jenis ikan yang tidak suka mengganggu dan saat usianya memasuki masa berkembang biak, kadang sifatnya berubah menjadi agresif.

Ciri fisik ikan Flying Fox:

  • Memiliki tubuh yang memanjang dengan ukuran sekitar 11 cm saja.
  • Pada bagian pertengahan badan dekat bawah perutnya terdapat dua sirip kecil dengan warna yang transparan juga.
  • Di bagian sisi atas tubuhnya mulai dari kepala sampai ujung pangkal ekor terlihat berwarna hijau zaitun yang agak kecokelatan.
  • Di sepanjang tubuhnya terdapat garis hitam tebal yang berwarna hitam terbentang secara horizontal.
  • Di bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang berwarna transparan dengan bentuk tampak meninggi pada bagian depan dan semakin menurun ke arah belakangnya.
  • Ekor ikan Flying Fox tampak berukuran agak besar di bagian tiap ujung atas dan bawahnya.

Jika tertarik untuk memelihara ikan flying fox ini, sebaiknya akuarium tersebut diisi dengan air dengan kadar pH sekitar 7 dan suhu antara 24 sampai 27 derajat celsius. Adanya akar, gundukan batu kecil, tanaman air hidup, kayu, dan pasir sangat diperlukan agar ikan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru lebih cepat.

Dan yang tak boleh dilupakan agar akuarium selalu dilengkapi dengan peralatan semacam filtrasi, aerator, lampu, dan airstone.