Mengenal Tattoo Ikan Koi

Jika menonton filem yang ada kemunculan Yakuza di dalamnya, biasanya kita bisa melihat jika beberapa Yakuza memiliki tattoo. Apakah tattoo yang mereka gunakan mempunyai makna tersendiri bagi Yakuza dan masyarakat Jepang.

Mengenal Tattoo Ikan Koi

Tattoo Ikan Koi

Di jepang, seni pembuatan tatto sendiri masih mendapatkan pandangan yang negativ pada masyarakat jepang. Bahkan menurut sejarahnya, tattoo digunakan untuk menandai orang yang membrontak atau seorang kriminal. Karena pembuatan tattoo ini menggunakan jarum dan memiliki resiko penyakit, pada abad ke-19 pemerintahan Jepang mulai melarang pembuatan tattoo. Namun hingga saat ini pemerintah negri Jepang ini menerima seni tattoo dengan syarat seniman pembuat tattoo harus mempunyai izin legal dan hanya boleh membuka toko underground.

Irezumi adalah seni tatto tradisional di Jepang, masih lekat dengan simbol dan stereotype dari Yakuza. Padahal sebenernya stereotype ini adalah hasi dari film yang menampilka kehidupan yakuza dan gengster di Jepang.

Menurut sejarahnya, awal kemunculan tattoo tradisional ini berasal dari suku ainu di Hokkaido. Wanita di suku Ainu membuat tatto di kulit mereka atas kepercayaan yang mreka punyai. Dan demi alasan spiritualitas. Mereka percaya dengan menggambar tattoo di wajah atau lengan mereka, nantinya arwah mereka akan mudah untuk pergi ke alam lain setelah meninggal nanti.

Perbedaan dari tattoo tradisional Jepang dengan tattoo asal dunia barat adalah tattoo buatan jepang hanya memiliki satu gambar saja. Dimana gambar tersebut mempunyai design yang besar sehingga bisa meng-cover seluruh tubuh bagian depan dan juga belakang sekaligus.

Bagi kehidupan gengster atau Yakuza, memiliki tattoo yang besar di tubuh mereka bisa menambah kepercayaan diri. Selain itu, memiliki tatto juga bisa menambah kesan kuat dan mengintimidasi. Karena kebanyakan traits negatif terhadap seni tatto ini di jepang. Mempunyai tattoo pada tubuh memang bisa mempersulit kehidupan masyarakat Jepang. Contohnya saat melamar pekerjaan atau bahkan untuk sekedar mandi di sebuah pemandian air panas di tempat gym atau tempat rekreasi publik lainya.

Beberapa tattoo mempunyai makna khusus, tatto koi misalnya yang menggambarkan kebranian kekuatan. Maskulinitas yang tergambar dari Koi berasal dari habit asli mereka, yaitu berani untuk melawan arus kencang di sungai. Ikan ini juga menggambarkan strong will untuk sukses dan mendapatkan apa yang kita inginkan.