Mengenal Ikan Arapaima

Majalah Ikan – Ikan Arapaima gigas yang dikenal dengan nama pirarucu di Brazil dan Paiche di Peru merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang masih hidup. Ikan Arapaima ini memang populer sebagai ikan hias air tawar yang dipelihara para kolektor ikan eksotis. Tempat yang dibutuhkan untuk ikan jenis ini adalah sebuah bak atau akuarium yang berukuran besar. Arapaima memang dikenal sebagai salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. Sepintas apabila dilihat dari samping, ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang mirip ikan arwana. Arapaima memang satu keluarga( famili ) dengan ikan arwana yaitu famili Osteoglossidae. Namun penampang tubuh ikan arapaima lebih bulat sedangkan ikan arwana penampang tubuhnya pipih. Arapaima termasuk predator yang terspesialisasi untuk menunggu mangsa di permukaan air.

Mengenal Ikan Arapaima

Ikan Arapaima

Ikan arapaima sendiri yang dewasa mencapai panjang hingga 5 meter, dengan berat hingga 200 kg. Karena bentuknya yang unik dan juga ukurannya yang luar biasa besar, ikan ini menjadi ikan hias yang banyak diminati para penghobi ikan hias sebagai hewan peliharaan, harga ikan arapaima sendiri dijual dalam ukuran kecil. Harga ikan arapaima kecil dipasar dijual dengan harga 800.000 hingga 8.000.000 Rupiah per ekor tergantung dari ukurang biasanya ukurang arapaima siap jual 10-200 cm.

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Osteoglossidae
Subfamili : Heterotidinae
Genus : Arapaima
Spesies : A. gigas

 

Ciri-Ciri Ikan Arapaima :

  1. Tipe sisik ikan arapaima gigas ini merupakan tipe sisik cikoid. Warna sisik umumnya abu-abu kehitaman dengan tepi sisik berwarna jingga cerah. Sisik ini hanya ditemukan pada ikan fosil dan ikan primitive yang sudah punah dari kelompok Crossopterygii dan Dipnoi. Sisik ikan ini terdiri dari beberapa lapisan, yang berturut-turut dari luar adalah vitrodentine, yang dilapisi semacam enamel, kemudian cosmine yang merupakan lapisan terkuat dan noncellular, terakhir isopedine yang materialnya terdiri dari substansi tulang. Pertumbuhan sisik ini hanya pada bagian bawah, sedangkan pada bagian atas tidak terdapat sel-sel hidup yang menutup prmukaan. Tipe sisik ini ditemukan pada jenis ikan Latimeria chalumnae.
  2. Ikan ini memiliki bentuk tubuh memanjang.
  3. Ikan ini juga dilengkapi dengan organ labirin yang memungkinkannya untuk hidup di perairan yang dangkal saat musim kemarau dengan suplai oksigen minim. Araipama bernapas dengan mengambil udara dari permukaan air dan memiliki kemampuan yang baik untuk meloncat dari permukaan air ke udara saat berburu atau menghindari bahaya. Arapaima termasuk ikan yang bernapas dengan mengambil udara langsug dari udara atmosfer. Oleh karena itu, ikan ini harus muncul ke permukaan air setiap 5-20 menit sekali untuk menghirup udara, tergantung pada ukurannya. Ikan arapaima muda, biasanya muncul dipermukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan dewasa muncul setiap 15-20 menit sekali. Meskipun arapaima menyelam di bawah air selama beberapa menit, ikan ini cenderung untuk tetap dekat permukaan air, dimana mereka berburu dan sering menghirup udara yang menimbulkan suara khas seperti suara batuk.
  4. Kepala Ikan Arapaima lebih lancip jika dilihat dari samping dan lebih ceper.

Habitat:

Ikan arapaima berasal lembah sungai Amazon dan danau-danau serta rawa-rawa di dekatnya di Amerika Selatan. Terbatasnya distribusi ikan ini karena adanya jeram besar atau air terjun yang tidak bisa dilewatinya.

Pakan:

Di alam ikan Arapaima adalah hewan karnivora. Arapaima adalah predator yang berada di puncak rantai makanan di habitatnya. Ikan ini memakan ikan-ikan kecil, krustasea (seperti udang, kepiting, lobster), dan hewan-hewan darat di sekitar sungai yang bisa diburu terutama burung.

Ikan arapaima gigas mirip dengan ikan arwana dalam hal pakan. Ikan ini pun sama-sama predator yang memakan pakan seperti daging-dagingan. Dapat diberikan makanan kepada ikan ini seperti anakan ikan mas, jangkrik, udang kupas, sampai tikus putih. Lebih disarankan untuk mengasihnya pakan hidup untuk menjaga naluri berburunya. Boleh juga sesekali memberi makanan olahan seperti daging, fillet ikan, dan lain-lain.

Reproduksi

Arapaima ini bertelur selama tingkat air rendah atau mulai meningkat pada bulan-bulan tertentu. Mereka membangun sarang sekitar 50 cm dan lebar 15 cm, Ikan ini biasanya memilih daerah berlumpur saat bertelur. Jantan Arapaima adalah mouthbrooder, seperti biasanya Osteoglossum, yang berarti Arapaiman muda dilindungi dalam mulutnya sampai mereka bisa mencari makan sendiri. Sementara betinanya membantu melindungi sang jantan dan anak-anaknya dengan melingkari mereka dan mengusir predator potensial.

Arapaima jantan melindungi bayi-bayi arapaima dalam mulutnya sampai mereka cukup umur untuk dilepas berenang sendiri. Arapaima betina membantu melindungi arapaima jantan dan anak-anaknya dengan mengitari mereka dan menghalangi predator yang berpotensi memangsa anak-anaknya. Arapaima bisa hidup sampai 20 tahun.

Di alam, banjir musiman Amazon telah menjadi bagian dari siklus reproduksi arapaima. Arapaima bertelur pada bulan-bulan dimana ketinggian air surut atau mulai naik. Arapaima membuat sarang kira-kira 50 cm lebarnya sedalam 15 cm di dasar air, biasanya di daerah yang berlumpur. Saat permukaan air naik, telur-telur tersebut menetas dan bayi-bayi arapaima mendapatkan musim banjir untuk mulai tumbuh, pada bulan antara Mei sampai Agustus.