Lebih Mengenal Jenis-jenis Ikan Oscar

Majalah ikan – Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan dalam keluarga Cichlid dan memiliki nama latin Astronotus ocellatus ini merupakan ikan air tawar yang memiliki warna yang sangat cantik serta agresif.

Lebih Mengenal Jenis-jenis Ikan Oscar

Ikan agresif ini berasal dari Sungai Amazon, Brasil. Ikan oscar dewasa mampu memiliki panjang hingga 40 cm dengan berat sekitar 3 kg.

Ikan Oscar mampu bertahan hidup mencapai usia 10-14 tahun dengan pemberian makanan dan perawatan yang baik. Dengan ukuran yang besar dan sifat yang agresif ini, tentu kita membutuhkan aquarium yang memadai agar ikan oscar mudah bergerak dan tidak stres. Tentu sangat berbahaya sekali jika kita memelihara Ikan Oscar bersamaan dengan ikan hias lainnya yang memiliki ukuran yang lebih kecil. Tetapi ini tidak membuat para penghobi ikan oscar berubah pikiran dan tetap memelihara ikan ini sebagai ikan penghias rumah mereka.

Dilihat juga: Jenis-jenis Ikan Peacock Bass/Pbass (Cichla Spesies)

Sekarang ini banyak sekali jenis Ikan Oscar baru, karena memang ikan ini sudah banyak dikawin silangkan untuk mendapatkan jenis baru seperti; Lemon Oscar, Lutino Oscar, Yellow Oscar dan varian lain. Diantara berbagai jenis ikan oscar yang ada di dunia, ada 5 jenis ikan oscar yang memiliki banyak peminat di Indonesia.

Berikut jenis-jenis ikan oscar yang populer

1. Ikan Oscar Albino

Ikan Oscar Albino

Bisa dibilang jenis ikan oscar albino adalah jenis ikan oscar yang paling cantik dan termahal di dunia. Ini dikarenakan ikan oscar albino sangat jarang ditemui dan susah untuk dibudidayakan. Selain langka ikan ini juga memiliki warna yang sangat cantik. Banyak para penghobi ikan hias rela menggelontorkan dana besar demi meburu ikan oscar albino,bahkan mereka rela mendatangkan ikan ini dari luar negri.

Ikan oscar albino memiliki ciri-ciri berupa warna dasar putih dengan pola corak bintik-bintik bludru berwarna emas kemerahan. Mata ikan oscar albino juga merah menyala dan memiliki bentuk sirip yang lebih melebar.Ikan ini menyukai makanan hidup, seperti ; katak, udang, dan ikan kecil.

2. Ikan Oscar Red

Ikan Oscar Red

Ikan oscar red juga termasuk ikan hias yang paling populer dan banyak dipejual belikan di toko ikan hias. Sama halnya seperti jenis ikan oscar pada umumnya yang memiliki sifat agrsif dan galak, ikan oscar red memangsa ikan-ikan kecil, kepiting, dan udang.

Ciri-ciri ikan oscar red adalah memiliki warna dasar merah ke orangean dan rata-rata ikan oscar red memiliki warna hitam pada sisi kepala,ekor dan siripnya. Ikan oscar red bisa memiliki ukuran mencapai 50 Cm dalam kurun waktu 10 tahun. Harga ikan oscar red sebanding dengan kualitasnya dan masih terjangkau dikantong masyarakat Indonesia.

3. Ikan Oscar Slayer

Ikan Oscar Slayer

Sudah tidak asing lagikan dengan istilah slayer dalam dunia ikan. Slayer dalam dunia ikan berarti sirip yang panjang dan melebar. Sama seperti ikan cupang slayer, ikan oscar juga ada yang berjenis slayer. Ikan oscar slayer sebenarnya adalah kelainan genetik, tetapi keunikan inilah yang membuat ikan oscar slayer banyak dicari.

Biasanya ikan oscar yang memiliki sirip slayer adalah jenis ikan ocar albino danoscar red. Tetapi sekarang sudah banyak keturuan asli dari hasil persilanagn indukan ikan oscar slayer. Masalah harga, ikan oscar slayer tergolong kedalam ikan hias dengan harga lumayan mahal. Jika anda ingin membeli ikan oscar, kami juga menjualnya dengan harga lebih murah.

4. Ikan Oscar Tiger

Jenis ikan oscar satu ini memang memiliki penampilan yang sangar dan mengerikan, tetapi itulah yang membuat ikan ini banyak dicari untuk dijadikan sebagi ikan hias.Ikan Oscar Tiger memiliki ciri-ciri warna berupa perpaduan antara warna dasar hitam keabu-abuan dengan pola corak warna merah dan orange.

Bisa dibilang ikan oscar tiger adalah salah satu jenis ikan oscar murni yang belum dicampur silangkan. Ikan ini memiliki sifat alami ikan osacar pada umumnya, yaitu agresif dan lebih suka menyendiri dari pada bergerombol. Harga ikan oscar tiger tidak terlalu mahal dibandingkan dengan jenis ikan oscar lainnya,jadi tidak perlu khawatir jika anda ingin membelinnya.

5. Ikan Oscar Batik

Ikan Oscar Batik

Terdengar unik dan aneh bukan ketika kita mendengar ikan oscar batik, ini sebenarnya ikan atau pakaian? Banyak orang mengira jikalau ikan oscar tiger, ikan oscar batik, dan ikan oscar hitam itu sebesranya satu jenis ikan oscar yang sama. Tapi sebenarnya itu salah besar, karena memang jenis ikan-ikan tersebut berbeda dan jika dilihat lebih seksama maka akan terliaht jelas perbedannya.

Ikan oscar batik memiliki ciri khas berupa harga hitam yang dominan serda memiliki corak merak bintik-bintik seberti corak warna pada ikan oscar albino. Harga ikan oscar batik tidak terlalu jauh berbeda dengan harga ikan oscar tiger.

Dilihat juga: Daftar Jenis Ikan Hiu Terganas di Dunia

6. Ikan Oscar Hitam

Ikan Oscar Hitam

Ikan oscar hitam merupakan ikan oscar yang langka dan lumayan susah dicari. Ini dikarenakan ikan oscar hitam adalah hasil keturunan dari ikan oscar tiger tetapi memiliki kelainan genetik, sehingga ikan ini tidak memiliki warna corak merah di sekujur tubuhnya. Ikan oscar hitam memiliki ciri khas berupa warna hitam pekat dari mata hingga ujung ekor, dan memiliki corak putih silver di bagian tengahnya.

Harga ikan oscar hitam terbilang murah walaupun ikan ini jarang ditemui, karena para pembudidaya ikan oscar di Indonesia lebih memilih menjual ikan oscar peliharaanya dengan harga tidak terlalu mahal dan mengikuti harga jual di pasar Internasional.