jenis ikan cupang, gambar ikan cupang ungu

Majalah ikan – Ikan cupang adalah salah satu ikan air tawar yang mempunyai keunikan tersendiri, baik dari warnanya maupun bentuknya. Jenis-jenis Ikan Cupang dan Gambarnya memiliki warna serta corak yg menarik, beberapa lainnya memiliki bentuk yg indah. Ikan ini sangat agresif mengenai teritorialnya dan suka menyerang ikan lain. Ikan cupang biasa juga di sebut betta, karena nama ilmiahnya betta sp.

Masyarakat Indonesia sekarang ini sedang digemparkan dengan perlombaan adu ikan cupang aduan. Ikan cupang aduan dengan ukuran besar dan agresif sering menjadi buruan. Hal ini juga membuat harga ikan cupang aduan menjadi lebih mahal. Tidak kalah dengan harga ikan cupang aduan, harga ikan cupang hias pun sekarang melambung tinggi.

Banyak jenis ikan cupang hias baru yang berhasil di kawin silangkan oleh para pembudidaya untuk mendapatkan ikan cupang jenis baru. Berikut, daftar harga ikan cupang berbagai jenis terlengkap dan terbaru.

Jenis-jenis Ikan Cupang dan Gambarnya

Jenis ikan cupang disini adalah jenis yang populer yang ada dikalangan masyarakat. Kebanyakan pehobi mengenal jenis ikan cupang dengan berbagai sebutan nama berdasarkan bentuknya :

1. Halfmoon

Halfmoon atau sepotong bulan, seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Kurang lebih seperti ini ikan cupang halfmoon

 

Bila dilihat dari samping, sirip ikan halfmoon berbentuk seperti bulan sebelah, biasanya ekor dengan sirip yang saling menyatu menunjukan nilai yang lebih dikalangan para penghobi. Ikan cupang halfmoon dipelihara karena keindahannya. Jenis ini mempunyai varian warna yang beragam mulai dari merah menyala, kuning, dan varian warna lainnya. Ikan ini salah satu ikan cupang terpopuler yang sering dipelihara penghobi.

2. Serit (crown tail)

Crown tail adalah salah satu jenis ikan cupang hasil ternakan dari breeder indonesia di daerah Slipi, Jakarta. Crown Tail atau ekor mahkota, disebut demikian karena jika ekor di balikkan ke atas akan menyerupai mahkota raja. Ikan serit ini bisa mendunia karena keindahan ekornya yang unik dan khas. Tentu ini pun menabah varietas dan keindahan ikan cupang itu sendiri. Berikut bentuk ikan cupang serit atau crown tail

Dilihat juga: Ikan Arwana, Ikan Indah Air Tawar

3. Laga (plakat)

Cupang plakat bentuknya lebih kecil dan cenderung terlihat buntek atau pendek. Cupang plakat ini banyak digemari karena mungkin bentuknya yang unik, imut dan lucu. Selain digunakan sebagai ikan hias ikan cupang ini biasa digunakan untuk bertarung atau laga. Ikan laga ini di satukan dalam kolam kecil dan nanti akan bertarung. Bahkan beberapa breeder sengaja membentuk ikan cupang laga ini agar menjadi galak dan kuat dengan menambahkan beberapa obat-obatan semenjak lahir.

4. Cagak (double tail)

Dilihat juga: Jenis Ikan Mas Koki Dalam Akuarium

Ikan cupang cagak seperti cupang halfmoon yaitu ekor membentuk setengah lingkaran dan menyatu dengan sirip, tetapi ikan cupang cagak atau double tail ini ekornya terbagi menjadi dua atau cagak. Untuk lebih jelasnya bisa melihat contoh gambar ikan cupang cagak.

Lihat ikan tersebut mempunyai ekor yang terbelah menjadi dua, atau bercagak, itulah mengapa ikan ini disebut double tail.

5 Giant (raksaksa)

Ikan cupang giant tidak memiliki perbedaan dari warna, karena warna ikan cupang rata-rata sama. Tetapi keunikan ikan cupang giant yaitu pada ukuran badannya. Ukuran badannya bisa 3 kali lipat dari ukuran ikan cupang biasa. Ikan ini dikembangkan oleh breeder asal thailand. Berikut perbandingannya

6. Cupang Liar

Jenis Ikan Cupang liar adalah jenis ikan cupang asli yang ada di alam dan belum dilakukan penyilangan dan rekayasa genetik. Biasanya terdapat di rawa, selokan dan sawah. Tetapi terdapat juga cupang langka yang harganya bisa melambung tinggi Dan cupang-cupang yang sekarang ada dan kita kenal adalah berasal dari cupang-cupang liar ini.

Jenis diatas adalah hasil rekayasa genetika dan persilangan panjang kecuali cupang liar. Jadi selain diatas masih banyak jenis ikan lainnya. Harga ikan cupang sangat bervariatif, sesuai tingkatan dan kualitas ikan cupang apalagi jika sudah memiliki nama dan pernah juara lomba.