Jenis-jenis ikan Corydoras Catfish

Majalah ikan – Ikan Corydoras Catfish atau lele corydoras memiliki ukuran yang sangat mini. Ikan ini juga sangat cocok untuk yang ingin mengisi akuarium berukuran lebih kecil dengan ikan hias yang memiliki kumis. Kumis ini berfungsi sebagai sensor atau radar untuk mencari makan di dalam gelap.

Ikan yang termasuk bagian dari family Catfish /ikan lele ini cukup dikenal di kalangan penggemar ikan hias. Ikan coridoras merupakan jenis ikan hias air tawar yang cocok ditempatkan di akuarium komunitas bersama ikan lainnya karena ikan mungil memiliki sifat yang tidak agresif.

Dilihat juga: Pengenalan Tentang Ikan Discus

Ikan Corydoras Catfish termasuk kategori ikan bottom feeder yang artinya ikan ini mencari makan di dasar akuarium, jadi pelet tenggelam cocok diberikan untuk ikan ini agar makanan tidak kehabisan makanan karena dimakan oleh ikan lain yang senang berada dipermukaan. Di alam liar ikan corydoras merupakan ikan omnivora mereka memakan larva serangga, cacing dan tanaman/sayuran.

Tidak seperti Catfish yang lain yang lebih aktif di malam hari (nocturnal), ikan corydoras / lele coridoras ini aktif di siang hari terutama pada sore hari

Jenis Ikan Corydoras Catfish akan sangat cocok untuk ditempatkan dalam satu akuarium komunitas dengan ikan-ikan kecil lainnya seperti jenis Tetra, barbs, danios dan sebangsanya. Penempatan ikan cory dengan ikan cichlid yang berukuran besar seperti ikan Oscar atau Red Devil tidak dianjurkan

Sebaiknya apabila hendak memelihara ikan ini disarankan agar kita tidak hanya membeli satu ekor saja melainkan lebih dari 4 ekor. Karena ikan pemalu ini akan lebih bersifat aktif bila memiliki banyak teman. Substrat berupa pasir halus sangat disarankan juga agar ikan lebih betah. Sebaliknya substrat berupa batu tajam sebaiknya dihindari agar tidak melukai ikan corydoras yang mencari makan didasar dengan mulutnya.

Banyak jenis ikan corydoras ini yang diantaranya:

1. Skunk Cory Cat (Corydoras arcuatus)

Skunk Cory Cat (Corydoras arcuatus)

2. Pale Spotted Cory Cat (Corydoras gossei)

Pale Spotted Cory Cat (Corydoras gossei)

3. Elegans Cory Cat (Corydoras elegans)

Elegans Cory Cat (Corydoras elegans)

4. Emerald Green Cory Cat (Brochis splendens)

Emerald Green Cory Cat (Brochis splendens)

5. Nanus Cory Cat (Corydoras nanus)

Nanus Cory Cat (Corydoras nanus)

Dilihat juga: Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Dapat Dipelihara

6. Panda Cory Cat (Corydoras panda)

Panda Cory Cat (Corydoras panda)

7. Albino Aeneus Cory Cat (Corydoras aeneus)

Albino Aeneus Cory Cat (Corydoras aeneus)

8. False Julii Cory Cat (Corydoras sp.)

False Julii Cory Cat (Corydoras sp.)

9. Swartz’s Cory Cat (Corydoras schwartzi)

Swartz's Cory Cat (Corydoras schwartzi)

10. Agassizi Cory Cat (Corydoras agassizii)

Agassizi Cory Cat (Corydoras agassizii)

11. Peppered Cory Cat (Corydoras paleatus)

Peppered Cory Cat (Corydoras paleatus)

12. Sterbai Cory Cat (Corydoras sterbai)

Sterbai Cory Cat (Corydoras sterbai)