Jenis Ikan Mas Hias Dalam Kolam

Jenis Ikan Mas Hias Dalam Kolam

Jenis-jenis ikan mas yang digolongkan ke dalam kelompok ikan mas hias sebagai berikut :

1. Jenis Ikan Mas Koi

Jenis Ikan Mas Koi

Ikan mas yang berciri bentuk badan bulat ini berasal dari Jepang, dan populer dengan sebutan ikan Koi. Sekitar tahun 1980 masyarakat Indonesi mulai mengenalnya. Tanda dan ciri-ciri ikan Mas Koi atau Ikan Koi ini:
Memiliki warna sisik yang bermacam-macam seperti, kuning, merah menyala, hitam, serta fariasi dari semua warna tersebut.

Dilihat juga: Ikan Arwana, Ikan Indah Air Tawar

Dari kombinasi warna dan pola bentuk totolnya ini, menjadikan ikan mas koi semakin merajai pasaran, serat banyak sekali yang menjadikan sebagai ajang bisnis dan usaha ikan hias.

Ikan koi memiliki beragam nama yang disesuaikan dengan pola dan warna tubuhnya, misalnya platinum nishikigoi, shusui nishikigoi, shusi nishikigoi, kohaku nishikigoi dan taishusanshoku nishikigoi.

2. Jenis Ikan Mas Fancy

Jenis Ikan Mas Fancy

Bentuk tubuh ikan mas ini memanjang. Sisiknya mempunyai warna fariasi, antara kuning, dan merah. Pada tubuhnya terdapat totol-totol berwarna hitam. Karena warnanya yang bermacam-macam itulah ikan mas ini disebut fancy.

3. Jenis Ikan Mas Kumpay

Jenis Ikan Mas Kumpay

Jika berenang, ikan mas ini terlihat sangat indah sekali, siripnya panjang dan berumbai. Warna sisiknya bervariasi, antara kuning dan dihiasi bintik hitam pada punggungnya, yang menjadikan kelihatan cantik. Pertumbuhannya tergolong lambat. Kadang-kadang, ikan mas ini juga dimanfaatkan sebagai jenis ikan mas konsumsi.

4. Jenis Ikan Mas Kaca

Jenis Ikan Mas Kaca

Dilihat juga: Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Dapat Dipelihara

Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi selanjutnya yaitu mas kaca. Dinamakan ikan mas kaca karena memiliki tubuh yang jarang akan sisik. Dan pada bagian yang tak ada sisiknya bisa kelihatan sampai tulangnya, persisi seperti kaca. Di sepanjang gurat sisi (linea lateralis) dan di sekitar pangkal siripnya terdapat sisik berwarna putih mengilap. Sisik tersebut berukuran besar dan tidak seragam.

5. Jenis Ikan Mas Kancra Domas

Jenis Ikan Mas Kancra Domas

Namanya yang agak asing, akan tetapi malah menjadi jenis ikan mas yang banyak di konsumsi.

  • Bentuk tubuhnya memanjang.
  • Gerakannya mirip ikan mas taiwan, yakni selalu aktif dan kurang jinak.
  • Sisiknya berukuran kecil dan susunannya tidak beraturan.
  • Warna sisiknya bervariasi, ada yang biru, cokelat, atau hijau.
  • Sisik punggungnya berwarna gelap.
  • Semakin ke arah perut, warnanya semakin terang keperakan atau keemasan.