Jenis Ikan Koi Goromo

Koi Koromo atau Goromo seringkali disebut sebagai nama koi, terkait dengan varitasnya, Keduanya memiliki maksud yang sama. Namun demikian dengan nama “KOROMO” dipakai sebagai salah satu dari nama varitas atau jenis koi, bukan GOROMO.

Jenis Ikan Koi Goromo

Goromo

Dalam kamus bahasa jepang kata Koromo yang berarti baju, pakaian atau jubah. Mungkin koi ini tampang seperti menggunakan pakaian menurut orang jepang, sedangkan Goromo hanya sebatas lafal sperti orang jepang mengucapkan bunyi bahasa.

Selain itu Koromo juga dipakai sebagai nama pada koi pada varitasnya yang sama. Namun demikian juga terdapat perbedaan antara Koromo dan juga Goromo. Lebih jelasnya adalah pada nama koi. contohnya saja tidak ada nama koi AI Koromo yang ada hanyalah AI Goromo tidak ada kata Koromo pada nama – nama koi tersebut.

Berikut ini adalah Jenis nama dari Koromo dan juga Goromo 

  • AI Goromo

Mempunyai pola yang mirip seperti Kohaku namun pada masing – masing sisik di pola merah, luarnya dikelilingi oleh warna biru gelap dan juga biru indigo dan shiroji harus tetap putih bersih

  • Budo Goromo

Sama dengan halnya dengan Ai Goromo, namu berbeda pada sisik polany yang cenderung lebih gelap berwarna sedikit ke unguan seperti buah anggur, pada sisik ungunya dikelilingi oleh warna seperti anggur.

  • Sumi Goromo

Persis dengan budo goromo, namun pada bagian sisiknya terdapat pola yang dikelilingi oleh warna hitam.

  • Koromo Sanke

Diproduksi oleh kawin silang Ai Goromo dan Taisho Sanshoku, Koromo dengan tanda sumi Sanke.

  • Koromo Showa

Diproduksi oleh kawin silang Ai Goromo dan Showa Sanshoku, Koromo dengan tanda Showa Sumi.