Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Dapat Dipelihara

Majalahikan.net – Hai Pecinta ikan hias, bagi kalian yang ingin memelihara ikan hias air laut tentu membutuhkan banyak refrensi terkait Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Dapat Dipelihara. Karena merawat ikan air laut tidak segampang merawat ikan hias air tawar. Membutuhkan perawatan yang baik. Faktor air dan akuarium harus diperhatikan. Begitu juga perlengkapan-perlengkapannya. Jadi harus pintar memilih jenis ikanair laut yang mudah dipelihara dan tidak mudah mati

Di samping biaya perawatan yang mahal, ikan hias air memiliki banyak keistimewaan. Corak warnanya sangat bervarian dan cantik cantik. Hampir setiap jenis ikan laut memiliki ciri khas sendiri, ada yang besar, kecil, bulat, gepeng, muncung dan lain lain.

Nah kebanyakan penghobi biasanya lebih senang merawat ikan air laut yang berukuran kecil. Sebab tidak membutuhkan akuarium yang besar. Selain itu perawatannya juga lebih mudah. Berikut hobinatang.com telah merangkum jenis jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara beserta gambarnya.

Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Dapat Dipelihara dan Gambarnya

Namanama ikan hias air laut dibawah ini cocok untuk yang masih pemula. Dan bagisobat yang belum pernahmerawat ikan hias jenis apapun, sebaiknya mencoba dulu merawat ikan hias air tawar. Meski jenisnya tidak sebanyak yang ada di laut, tapi keindahan coraknya tidak kalah bagus.

Ini dia 15 ikan hias air laut yang dapat kalian pelihara dirumah:

1. Ikan “Nemo” Badut Clownfish

Ikan "Nemo" Badut Clownfish

Kenapa kami sebut ikan nemo? Karena ikan ini menjadi tokoh utama di film “Finding Nemo”. Nama aslinya adalah Badut Clownfish atau Amphiprioninae. Dinamakan badut lantaran warnanya yang memang mirip kostum badut. Pola bergaris kuning itam. Seperti pada film-film, ikan badut lebih senang tinggal di daerah karang bawah laut.

2. Butterfly Fish

Butterfly Fish

Sebagaimana namanya, ikan butterfly fish memiliki corak bergaris dan warna yang mempesona layaknya kupu kupu. Bentuk tubuhnya pipih, mulutnya monyong ke depan. Sehingga sangat cocok dijadikan ikan hias air asin. Tapi taukah anda, dari mana ikan ini berasal?

Ikan dengan nama ilmia chaetodontidae berasal dari Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Jenis ini juga tergolong mudah dipelihara, jadi sangat kami rekomendasikan untuk para pemula.

3. Ikan Air Laut Watchman Gobies

Ikan Air Laut Watchman Gobies

Watchman gobies sangat cocok dipelihara oleh pemula. Ikan dengan nama latin Cryptocentrus ini terkenal berdaya tahan tubuh kuat sehingga mudah dipelihara dan tidak gampang mati. Gerakannya juga cukup agresif membuat enak dipandang. Kalian bisa memberi makan udang-udangan.

4. Ikan Mandarinfish

Ikan Mandarinfish

Habitat asli ikan mandarin adalah di Samudra pasifik Tenggara Utara Australia. Ikan tersebut biasa disebut dengan naga cina serta merupakan spesies ikan yang paling cantik karena motif dan warnanya cerah. Akan tetapi mandarinfish cukup merepotkan bila dipelihara di akuarium, sebab ia hanya memakan makanan hidup maka bukan tidak mungkin jika ia berfisik kuat dan mampu bertahan hidup cukup lama.

5. Ikan Hias Air Laut Botana Blue Tang

Ikan Hias Air Laut Botana Blue Tang

Mungkin sebagian kalian sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan hias air laut pertama ini. Di Indonesia ikan ini dipanggil Botana blue tang, memiliki nama ilmiah Paracanthurus Hepatus. Ciri khas ikan botana blue ialah warnanya yang didominasi biru dengan sedikit warna hitam/abu abu di tubuhnya.

Untuk Botana sendiri memiliki beberapa jenis. Yang paling terkenal botana kasur dan botana kacamata. So, kalian bisa mempertimbangkan jenis ini untuk dipelihara di dalam akuarium rumah Anda.

6. Ikan Air Laut Angelfish

Ikan Air Laut Angelfish

Jenis Angelfish bukan hanya untuk ikan hias air tawar saja. Ada juga nama Angelfish untuk ikan air laut. Seperti yang kalian liat di atas, ikan tersebut memiliki wajah yang lebih cerah dari pada tubuhnya. Pada wajahnya terdapat corak biru dan ada pula warna kuning. Hal itulah yang menyebabkan ikan ini disebut sebagai Blueface angelfish atau yellowface Angelfish.

Ikan Air Laut Angelfish

Tapi ada juga corak lainnya yang lebih bagus dari foto di atas. Keberadaannya tersebar di alam liar dari seluruh Samudra Hindia, Indonesia Australia sehingga sepanjang laut utara Jepang.

7. Jenis Ikan Dottyback

Jenis Ikan Dottyback

Hidup di perairan laut yang beriklim subtropis dan tropis. Ikan dottyback (Pesusochromidae) tinggal di tempat terumbu karang yang indah dan melimpah. Perairan di Indonesia merupakan salah satu tempat mereka. Jadi anda bisa menemukan ikan ini mudah.

8. Ikan Hias Lyretail Anthias

Ikan Hias Lyretail Anthias

Dikenal juga sebagai sea goldie dan scalefin. Merupakan ikan hias air asin yang populer. Dia hanya membutuhkan makanan yang hidup atau makanan beku. Keberadaanya menyebar cukup luas, bisa ditemukan di Laut Merah, Samudra Hindia, Pasifik dan Teluk Persia. Habitatnya berada di terumbu karang di alam liar.

9. Ikan Flame Angel

Ikan Flame Angel

Flame angel salah satu ikan yang berwarna paling terang. Berasal dari terumbu karang di Samudera Pasifik, anda dapat menemukannya di sepanjang garis laut barat kepulauan Hawai. Kelebihan ikan ini mmudah dirawat di akuarium sebab ia bisa memakan apa saja sesuai takaran.

10. Yellow Tang

Yellow Tang

Sebenarnya ikan Yellow Tang masih sekeluarga dengan ikan surgeonfish / butana blue tang. Lihat aja bentuknya hampir mirip kaya di atas. Jenis kedua ini keberadaannya mudah ditemukan karena sudah banyak dijual di toko toko ikan hias. Menurut pengakuan banyak orang ikan dengan nama latin Zebrasoma Flavenscens ini mudah dipelihara di rumah. Pakannya juga mudah dibeli di toko ikan.

11. Ikan Kakaktua atau ParrotFish

Ikan Kakaktua atau ParrotFish

Jenis ikan hias air laut kesembilan adalah Kakaktua. Dinamakan kakatua karena ikan tersebut memiliki mulut yang mirip dengan paruh berbentuk kait. Nafsu makan Ikan kakatua juga sangat tinggi sehingga sobat harus menyediakan makanan yang banyak untuknya. Peran ikan kakatua dalam memelihara kelangsungan hidup terumbu karang sangat besar, karena ia memakan rumput laut dan hama perusak terumbu karang. Maka dari itulah, ikan kakaktua wajib dijaga kelestariannya.

12. Blue Devil Ikan Hias untuk Air Asin

Blue Devil Ikan Hias untuk Air Asin

Paraplesiops Bleekeri, itulah nama ilmiah dari Blue Devil. Ikan yang cukup terkenal dan populer di kalangan hobiis. Bentuk yang agak ramping dan tidak terlalu besar sangat pas diletakkan di dalam aquarium berukuran sedang. Corak kebiruan dengan bintik bintik putih bisa memanjakan mata anda.

Perlu kalian ingat, habitat ikan ini di tempat berkarang di bawah laut. Jadi kalian belikan ornamen karang untuk akuarium di rumah anda.

13. Ikan Moorish Idol

Ikan Moorish Idol

Moorish Idol salah satu ikan hias air laut paling indah di antara yang lain, ia termasuk salah satu keluarga dengan ikan Zanclidae yang hidup sejak zaman purbakala. Namun sebagian orang ada yang mengatakan kalau jenis yang terakhir ini tidak cocok dipelihara di rumah, karena mempunyai rentang hidup yang pendek.

14. Ikan Hias Lion Fish

Ikan Hias Lion Fish

Jenis ikan hias air laut lionfish memiliki nama ilmiah pterios. Bentuknya memang menyeramkan karena di bagian tubuhnya menempel ornamen yang mirip duri. Tapi meski demikian ikan ini juga bisa dipelihara di akuarium rumah anda. Yang penting anda harus selektif dalam menyatukan jenis ikan ini dengan hias air laut lainnya.

15. Ikan Banggai Fish

Ikan Banggai Fish

Sesuai namanya ikan banggai berasal dari Banggai Indonesia. Ikan Banggai termasuk ikan hias yang cukup terkenal, dan merupakan ikan laut yang hampir punah di habitatnya. Disebabkan adanya penangkapan yang berlebihan. Saat ini ikan banggai dikembangbiakkan di penangkaran secara teratur. Baik ikan banggai betina maupun jantan akan saling menjaga telur dengan bergantian.