Inilah 7 Fakta Terunik si Ikan Badut

Majalah Ikan – Siapa yang tak mengenal ikan satu ini yaitu Clown Fish atau biasa disebut ikan badut atau juga biasa disebut ikan Giru yang menjadi semakin populer karena dijadikan sebagai tokoh utama dalam film animasi berjudul “Finding Nemo” buatan Pixar ini ternyata tidak memiliki warna yang unik saja, namun masih ada beberapa fakta unik yang dimiliki ikan badut satu ini.

Inilah 7 Fakta Terunik si Ikan Badut

Fakta Terunik si Ikan Badut

Berikut ini adalah fakta menarik tentang ikan nemo atau Clown Fish.

1. Ikan Badut Terlahir Sebagai Jantan Secara Alami
Tahukah kamu?? Semua Ikan Badut dilahirkan sebagai jantan karena mereka termasuk hewan Hermaprodit (Protandrous Hermaphrodites) yang jenis kelaminnya dapat berubah-ubah hanya dalam kondisi tertentu. Ikan Badut yang berada dalam posisi dominan di kelompoknya akan mengubah jenis kelaminnya menjadi betina saat beranjak dewasa. Jika ikan Badut betina mati maka ikan jantan yang paling dominan akan mengubah jenis kelaminnya untuk menggantikan ikan betina. Woah unik ya!

2. Ikan Badut Betina Dapat Bertelur Hingga 1000 Butir
Jangan remehkan tubuhya yang kecil! Walaupun tubuhnya kecil, namun ikan Badut betina mampu bertelur sekitar 100 sampai 1000 butir telur, lho! Wow! Ikan Badut betina akan meletakkan telur-telurnya di bebatuan kemudian ikan Badut jantanlah yang merawat telur-telurnya.

3. Ikan Badut Betina Akan Bertelur Saat Bulan Purnama
Biasanya ikan Badut betina akan bertelur ketika bulan purnama. 6 atau 10 hari setelahnya telur-telur akan menetas, rata-rata 2 jam setelah senja telur-telur itu menetas.

4. Ikan Badut Sangat Suka Perairan Tropis
Ikan Badut memang sangat suka tinggal di perairan tropis seperti Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Ikan Badut banyak dijumpai di wilayah Laut Merah, di timur laut Australis Great Barrier Reef, di kawasan Indo-Malaysia dan Jepang.

5. Ikan Badut Memiliki 28 Spesies
Terdapat 28 spesies ikan Nemo dan memiliki motif warna yang berbeda-beda, oleh karena itu ikan Nadut tidak hanya berwarna oranye putih saja tapi juga berwarna lain seperti kuning, merah, hitam, merah marun. Mereka biasanya hidup di antara terumbu karang di dasar laut.

6. Ikan Badut Sangat Kebal Terhadap Sengatan Tentakel Anemon
Terdapat lapisan lendir di tubuh ikan Badut yang dapat menjadi perisai untuk menlindunginya dari sengatan tentakel anemon yang sangat berbahaya. Itulah sebabnya tubuh ikan Badut kebal terhadap sengatan tentakel anemon. Ikan Badut juga memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengan anemon.

7.  Ikan Badut Dapat Mengeluarkan Gelembung Suara
Tidak seperti ikan lain pada umumnya yang tidak mengeluarkan suara, ikan Badut justru cenderung ikan yang agak bawel bahkan mereka mengeluarkan suara yang berupa gelembung seperti “bob bob bob” atau “klig klig klig”. Suara gelembung yang dikeluarkan ikan Badut bertujuan untuk menghindari perselisihan dan konflik.