Ikan Terlangka Di Dunia Thymichthys Politus

Majalah Ikan – Ikan Thymichthys Politus adalah ikan paling langka di dunia yang baru – baru ini ditemukan ikan ini diketahui para peneliti bahwa populasinya hanya ada satu di dunia yang anggotanya berjumlah sekitar 20-40 ekor.

Ikan Terlangka Di Dunia Thymichthys Politus

Thymichthys Politus

Tujuh penyelam dari Institute for Marine and Antarctic Studies (IMAS ) di University of Tasmania beserta kelompok ilmuwan amatir lainnya yang tergabung dalam Reef Life Survey telah menemukan populasi baru T politus sebanyak 8 ekor yang sedang berenang di dekat Frederick Henry Bay, Tasmania. Tiim penyelam pun menduga bahwa populasinya sekitar 20 hingga 40 ekor yang ada di daerah tersebut, seperti yang sudah ditemukan sebelumnya.

Selain langka, tingkat reproduksi T Politus sangat rendah dan jikalau berhasil, spesies ikan ini bertelur pada serpihan rumput laut yang akan mengakibatkan telur-telur menjadi rusak karena aktivitas manusia ataupun satwa laut lainnya yang menyebabkan spesies ini sulit untuk dikonservasi. Namun, berkat adanya temuan populasi T Politus ini, Rick Stuart Smith selaku peneliti IMAS pun berkata bahwa sekarang dunia bisa bernafas lebih lega.

Walaupun pemerintah Australia sudah meluncurkan program konservasi untuk empat spesies ikan Brachionichthyidae sejak bulan September 2017 lalu, tapi proses pada pengembakbiakkan T Politus masih ditunda oleh para peneliti sampai akhir bulan lalu karena para peneliti berpendapat bahwa populasi T politus ini sangat kecil kesempatanyan untuk bertahan hidup apabila beberapa dari mereka diambil untuk pengembakbiakkan. Tak hanya sampai disitu, dengan ditemukannya populasi spesies ikan langka ini, para peneliti pun berencana untuk melanjutkan kembali evaluasi pengembakbiakkan populasi Ikan T Politus.