Ikan Raksasa Berbentuk Aneh Terdampar

Majalah Ikan – Sederet foto seekor ikan raksasa berbentuk aneh menjadi viral setelah terdampar di sebuah pantai di wilayah selatan Australia.

Ikan yang disebut para pakar sebagai ikan matahari itu memiliki panjang 1,8 meter dan pertama kali ditemukan sekelompok nelayan.

Ikan Raksasa Berbentuk Aneh Terdampar

Raksasa Berbentuk Aneh Terdampar

Awalnya, para nelayan itu mengira hewan itu adalah potongan kayu yang hanyut. Demikian dijelaskan Linette Grzelak yang mengunggah foto ikan itu ke Facebook.

“Saya pikir ikan ini tidak nyata setelah saya mencari ikan matahari di Google,” kata Linette kepada BBC.

Kekasih Linette, Steven Jones yang adalah seorang nelayan sudah menduga “benda” itu adalah seekor ikan tetapi belum pernah melihatnya

“Dia mengatakan, ikan itu amat berat dan kulitnya kasar, seperti kulit badak,” tambah Linette.

Ikan ini ditemukan di pesisir Taman Nasional Coorong, sekitar 80 kilometer sebelah selatan kota Adelaide. Ikan matahari atau mola-mola, adalah spesies ikan bertulang yang paling berat di dunia.

Ikan ini bisa ditemukan di perairan hangat di seluruh dunia. Demikian data Fishes of Australia.

Seorang pakar mengatakan, ikan yang terdampar itu terbilang kecil karena hewan ini bisa tumbuh hingga ukuran empat meter dengan bobot 2,5 ton.

“Ikan itu nampaknya berukuran rata-rata, ikan ini bisa berukuran dua kali lipat lebih besar,” kata Ralph Foster dari Museum Australia Selatan kepada ABC.

Ikan ini tidak berbahaya tetapi karena bentuk siripnya seringa disangka hiu ketika hewan ini berenang ke permukaan.

Di Australia, ikan ini kerap mengakibatkan kerusakan kapal karena ukurannya yang besar.

Tahun lalu, sebuah kapal yang ikut serta lomba layar Sydney-Hobart harus keluar dari pertarungan setelah menghantam seekor ikan matahari yang menyebabkan kemudinya patah.