Ikan Raksasa Aneh Terdampar di Pantai

Majalah Ikan – Seekor ikan raksasa dengan bentuk yang sangat aneh terdampar di pantai di Australia Selatan. Foto keanehan bentuk ikan yang jarang dilihat manusia itu tengah menjadi viral di dunia maya.

Ikan Raksasa Aneh Terdampar di Pantai

Raksasa Aneh Terdampar di Pantai

Diidentifikasi sebagai Ocean sunfish atau Mola-mola laut oleh para ahli, ikan sepanjang 1,8 meter itu pertama kali ditemukan sepasang nelayan.

Linette Grzelak menceritakan awal penemuan ikan itu diketahuinya bersama pasangannya. Semula mereka mengira benda dipinggir pantai itu hanya sepotong kayu apung besar.

Grzelak lalu mendekatinya dan terkejut melihat benda yang dikira kayu ternyata seekor ikan. Merasa tak pernah melihat bentuk ikan aneh itu, Grzelak mengunggah foto-foto ikan tersebut di Facebook hingga jadi viral.

” Saya awalnya tak sadar bahwa itu benar-benar nyata, sampai saya mengetik kata sunfish di Google,” katanya kepada BBC.

Sementara itu rekannya, Steven Jones yang telah bekerja sebagai nelayan selama bertahun-tahun mengaku pernah mendengar jenis ikan Ocean sunfish. Tetapi dia belum pernah melihatnya secara nyata.

” Karena itu mengapa kami mengambil foto. Dia mengatakan makhluk itu sangat berat dan kulitnya kasar seperti badak,” kata Grzelak.

Ikan itu ditemukan di Taman Nasional Coorong, yang terletak 80 kilometer selatan Kota Adelaide.

Saat ini ikan tersebut sudah tidak nampak lagi. Grzelak meyakini makhluk itu tersapu kembali ke laut.

Ikan Sebesar Itu Masih Dianggap Kecil

Data Fishes of Australia menyebutkan Ocean sunfish atau Mola-mola laut adalah spesies ikan bertulang terberat di dunia. Ikan ini dapat ditemukan di perairan laut sedang di seluruh dunia.

Ciri-cirinya adalah memiliki kepala yang besar dan tumpul, mulut kecil yang tidak proporsional, dan sirip punggung panjang serta sirip dubur.

Seorang pakar mengatakan ikan yang ditemukan Grzelak dan Jones itu termasuk berukuran lebih kecil dari spesiesnya.

Aslinya, Mola-mola laut bisa tumbuh lebih dari 4 meter dan memiliki berat lebih dari 2,5 ton.

” Ikan di pantai Australia itu mungkin ukuran rata-rata. Mereka sebenarnya bisa mendapatkan hampir dua kali lebih besar dari itu,” kata Ralph Foster, dari Museum Australia Selatan kepada ABC.

Bukan Termasuk Ikan Ganas

Meski bentuknya sangat menyeramkan, spesies ini tidak berbahaya bagi manusia. Mola-mola laut kadang-kadang dikira sebagai hiu ketika mereka berenang di dekat pantai.

Di perairan Australia, Ocean sunfish seringkali menyebabkan kerusakan pada kapal karena ukuran tubuhnya yang sangat besar.

Tahun lalu, sebuah kapal yang ikut perlombaan Yacht dari Sydney ke Hobart patah kemudinya dan harus keluar dari balapan setelah menabrak Mola-mola laut.

Awal bulan ini, seekor Mola-mola forel yang langka terdampar di sebuah pantai di California, Amerika Serikat.

Kejadian ini membingungkan para ilmuwan yang merasa heran bagaimana spesies dari belahan bumi selatan itu bisa melakukan perjalanan sejauh ini dari perairan asalnya.