Ikan Nila Pembentuk Hemoglobin

Majalah Ikan – Ikan nila, bersisik dengan daging putih ini hidup di air tawar. Tapi bisa juga hidup di danau, kolam atau sungai. Namun tempat hidup ikan nila memengaruhi kandungan gizinya.

Ikan Nila Pembentuk Hemoglobin

Nila Pembentuk Hemoglobin

“Kandungan ikan nila berbeda di setiap habitatnya. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Ramlan pada 2016 dengan membandingkan kandungan ikan nila oreochromis niloticus antara danau Mawang dan Danau Unhas ternyata berbeda.  Kandungan karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, atau zat besi,” tutur ahli gizi Ratih Wirapuspita Wisnuwardani.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Mulawarman (Unmul) tersebut mengatakan, ikan nila termasuk tinggi protein, asam amino lemak essensial dan mineral. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, membangun dan memperbaiki sel tubuh.

“Asam lemak esensial diperlukan untuk kardiovaskular, kekebalan tubuh, reproduksi dan kesehatan sistem saraf. Mineral, seperti kalsium dan fosfor diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Sedangkan zat besi sebagai pembentuk hemoglobin,” ujar perempuan yang studi di Ghent University, Belgia tersebut.

Pemilihan ikan, lanjut dia, pilih ikan yang segar. Kemudian, hindari membeli ikan dari daerah yang berpotensi merkuri tinggi, seperti dekat penambangan. Jika takut akan merkuri yang terkandung di dalamnya, konsumsilah beragam ikan dan hindari ikan ukuran besar.