Ikan Mas Danau Toba Berukuran Raksasa

Majalah Ikan – Ada ikan mas dalam legenda atau cerita rakyat tentang Danau Toba, Sumatera Utara. Tapi soal ukuran ikan mas Danau Toba yang besar, rupanya bukan sekadar legenda.

“Memang bisa (berukuran besar) sih. Tidak hanya di Danau Toba, di Danau Matano di Sulsel juga ada ikan mas yang berukuran besar,” kata peneliti limnologi LIPI Prof Gadis Sri Haryani.
Ikan mas (cyprinus carpio) tersebut bukanlah fauna endemik di Danau Toba. Ikan mas manapun bisa berpotensi tumbuh jadi besar atau bahkan berukuran ‘raksasa’.

Ikan Mas Danau Toba Berukuran Raksasa

Mas Danau Toba Berukuran Raksasa

“Itu karena ruang hidupnya cukup luas, seperti di Danau Toba. Kalau Danau Toba kedalamannya 508 meter, Danau Matano 529 meter. Dengan ruang hidup luas dan makanan tersedia cukup banyak, bisa tumbuh dengan baik,” papar Prof Gadis.

Namun tak semua ikan mas di Danau Toba berukuran besar. Menurut Prof Gadis, bisa dibilang dari 10 ikan mas hanya ada 1 yang berukuran besar. Tentu saja perlu penelitian lebih lanjut guna mendapatkan angka pasti soal perbandingan jumlah ikan mas ‘raksasa’ dengan yang berukuran normal.

Mengenai maksimal panjang dan beratnya, Gadis belum bisa menyebutkan angka pastinya. Dia memperkirakan bobot maksimal ikan mas sekitar 10 kilogram.

“(Maksimal panjangnya) tidak sampai 1 meter, tapi bisa lebih dari 50 cm,” sebut Prof Gadis.

Bukan Ikan Mas, Ini Ikan Asli dari Danau Toba

Rupanya ikan mas bukanlah fauna endemik asli Danau Toba. Adalah ihan Batak (neolissochilus) yang sebetulnya ‘tuan rumah’ di Danau Toba.

“Sekarang sudah jarang ditemukan, (bentuknya) seperti ikan mas biasa, cuma memang dia perlu karakteristik habitat yang baik. Dengan adanya pencemaran limbah penduduk, itu tentu mengganggu habitatnya,” ujar Prof Gadis.

Selain itu, ikan lokal biasanya kalah dari ikan ‘pendatang’ yang dibudidayakan. Ikan lokal, kata Prof Gadis, biasanya akan kalah bersaing dalam perebutan makanan.

Masyarakat Batak biasa memasak ihan Batak menjadi arsik dalam acara adat. Namun karena ikan jenis ini sudah jarang ditemukan, maka diganti dengan ikan mas karena memiliki bentuk dan cita rasa yang mirip.

Selain jenis ihan Batak dan ikan mas, ada pula ikan tor di Danau Toba. Ikan dari genus tor ini berukuran cukup besar.

“Ikan tor, seperti ikan mas tapi lebih besar. Kalau di Kuningan, Jawa Barat itu dikeramatkan. Kalau di Sumbar namanya ikan jariang. Di Kuningan ukurannya bisa sebesar paha manusia,” ungkap Prof Gadis.

Danau Toba kini tengah menjadi sorotan karena peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun pada Senin (18/6) lalu. Pencarian korban masih dilakukan hingga saat ini.

Hingga kini sudah ada 22 korban yang ditemukan, 19 orang dalam keadaan hidup dan 3 lainnya dalam kondisi tewas. Masih ada 184 korban yang belum ditemukan, termasuk bangkai kapal KM Sinar Bangun.

Di samping itu, ada yang mengaitkan penangkapan ikan mas ‘raksasa’ dengan tragedi Danau Toba ini. Polisi pun meminta masyarakat agar tak mengait-ngaitkan hal seperti itu dengan tragedi Danau Toba.