Majalah Ikan – Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Tri Aprianingsih mengatakan, jumlah dan jenis ikan di Sungai Ogan kini berlimpah.

“Khususnya di tiga zona wilayah sungai yaitu di Kecamatan Baturaja Barat, Pengandonan dan Kecamatan Lubuk Batang,” kata Tri Aprianingsih di Baturaja ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Ikan di Sungai Ogan Berlimpah

Sungai Ogan Berlimpah

Menurut dia, di tiga zona wilayah tersebut potensi ikannya berlimpah berbagai jenis ikan yang hidup berkembang biak di perairan setempat.

Masyarakat tiga zona tersebut menangkapn ikan dengan cara yang ramah lingkungan seperti menggunakan jala dan kail sehingga tidak membunuh benih ikan.

“Belum lagi ditambah penyebaran ribuan bibit ikan di Sungai Ogan yang kami lakukan belum lama ini tentunya menambah jumlah ikan di sungai,” katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan, dalam rangka melestarikan popsetemoatulasi ikan di Sungai Ogan sekaligus memperingati Hari Ikan Nasional ke-5 tahun 2018 tersebut, sebanyak 35.000 benih ikan disebar di Sungai Ogan.

Bibit ikan yang disebar ini merupakan ikan khas asli Kabupaten Ogan Komering Ulu seperti Ikan Jelawat sebanyak 17.200 ekor dan Ikan Baung 17.800 ekor.

“Upaya yang kami lakukan ini tidak lain bertujuan agar kebutuhan masyarakat Ogan Komering Ulu dalam mengkonsumsi ikan dapat tercukupi,” ungkapnya.

Dia juga mengimbau agar masyarakat setempat tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara menabur racun di sungai atau menggunakan alat setrum listrik.

“Sebab cara ini tidak hanya membunuh ikan besar, namun benih ikan yang masih kecil juga ikut mati,” ujarnya.