Ikan Buntal Adalah Ikan Paling Beracun

Majalah ikan – Ikan buntal adalah ikan paling beracun yang pernah ditemukan hingga saat ini. Namun di beberapa negara seperti Jepang, biasa disebut ikan Fugu dan digunakan untuk konsumsi.

Ikan Buntal Adalah Ikan Paling Beracun

Organ seperti hati, indung telur, usus dan kulit mereka bisa membahayakan nyawa manusia dan hewan pemangsa lainnya, namun daging dari beberapa spesies ikan ini dijadikan sebagai makanan di Jepang (disebut fugu), Korea (disebut bok), dan Tiongkok (disebut hehe tuntun).

Umumnya, koki yang menyajikan sudah tahu bagian tubuh mana yang aman dimakan dan seberapa banyak kadar racunnya.

Dilihat juga: KKP Melarang Pemeliharaan Arapaima Gigas

Jepang Menyediakan Masakan Ikan Fugu

Ikan yang lezat tersebut di Jepang disebut ikan fugu, memang mengandung racun sehingga kesalahan kecil saja saat menyajikannya bisa menyebabkan kematian.

Ikan Buntal Adalah Ikan Paling Beracun

Setiap tahunnya ditemukan sejumlah kasus keracunan ikan buntal di Jepang kendati tidak ada yang berakibat fatal.

Racun tetrodotoxin yang ada di dalam tubuh ikan buntal mempengaruhi sistem syaraf dan proses keracunannya disebutkan ‘cepat dan ganas,’ dengan gejala awal berupa mati rasa di sekitar mulut disusul kelumpuhan, bahkan kematian.

Ikan ini banyak ditemukan di perairan tropis, di perairan zona sedang dan di perairan dingin. Mereka memiliki ukuran kecil hingga sedang, meski beberapa spesies memiliki panjang lebih dari 100 sentimeter.

Dilihat juga: Jenis Ikan Mas Hias Dalam Kolam

Ikan buntal serupa dengan ikan landak yang memiliki tulang belakang luas yang besar ketika ikan ini menggembungkan diri.