Kolam Ikan Koi Minimalis

Majalah Ikan – Duduk di teras rumah, bersantai menikmati secangkir kopi, sejuknya embun bercampur mentari pagi, mensyukuri keindahan hijaunya taman, dan indahnya kolam koi berwarna warni. Terbayang ngga nikmatnya?

Nah, bagaimana cara dan langkah – langkah membuat kolam ikan koi di depan rumah kita secara mudah, sederhana, dan menggunakan desain minimalis yang tidak memakan tempat?

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Berikut ini adalah cara membuat kolam ikan koi minimalis dari Majalah Ikan

PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah konsep dari kolam ikan yang akan kita buat. Kemudian mengenai alat dan bahan yang diperlukan, sama halnya peralatan yang diperlukan untuk pertukangan.

Misalnya, kita memerlukan alat penggali seperti cangkul dan sekop, meteran, cethok, waterpass, dan lain-lain yang sekiranya diperlukan.

Mengenai bahan yang diperlukan seperti umumnya membuat bangunan, batu bata, semen, pasir, batu, kapur, cat dinding, dan perlengkapan lainnya.

Kita juga perlu menyiapkan tanaman air untuk hiasan kolam ikan koi nanti saat sudah siap. Hiasan-hiasan kolam mungkin saja bisa kita tambahkan nanti.

Dalam persiapan membuat kolam ikan koi minimalis di depan rumah kita, sama seperti hendak membuat kolam ikan besar pada umumnya, kita juga perlu memperhatikan jenis tanah disana.

Apakah tanah berbatu, tanah pasir, tanah liat, atau jenis tanah lainnya. Mungkin saja kita memerlukan alat dan perlengkapan lain untuk menyesuaikan jenis tanah ini saat membuat galian.

Jika anda tidak bisa membuat sendiri, anda bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang bisa anda datangkan ke rumah anda, tentu dengan diskusi yang melibatkan ide dari anda juga.

UKURAN KOLAM IKAN KOI DI DEPAN RUMAH

Ukuran kolam bisa bervariasi tergantung lokasi. Ini menyesuaikan kondisi halaman rumah atau teras anda.

Kolam bisa dibuat memanjang, melingkar, atau persegi, atau bentuk tidak beraturan sesuai dengan dekorasi yang anda inginkan.

Hanya saja, yang perlu diperhatikan, hindari terbantuknya daerah mati pada kolam. Daerah mati adalah daerah yang sulit mendapatkan aliran air saat air kolam digerakkan. Daerah mati misalnya di pojok-pojok kolam yang bersudut 90 derajat. Jika terpaksa terbantuk, anda bisa mengakali keadaan tersebut misalnya dengan membuatnya dengan tepian miring, atau meletakkan pancuran air di daerah-daerah mati ini nantinya.

CONTOH GAMBAR DESAIN KOLAM IKAN KOI

Untuk kolam ikan koi, bagusnya dengan kolam di bawah permukaan tanah. Desain kolam di atas permukaan tanah, atau sebagian di atas permukaan tanah, tidak membuat punggung ikan koi terlihat secara sempurna. Dan ini mengurangi kenikmatan melihat keindahan ikan koinya.

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar desain kolam ikan koi minimalis di halaman rumah. Semoga dapat menginspirasi anda saat membuat konsep dan menyesuaikannya untuk kondisi rumah anda sendiri.

Kolam Ikan Koi 1

Kolam Ikan Koi 2

Kolam Ikan Koi 3

Kolam Ikan Koi 4

Sekian ulasan tentang cara membuat kolam ikan koi, semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.