Berikut 5 Fakta Ikan Dory

Majalah Ikan – Bagi para pecinta ikan hias pasti mengenal ikan satu ini ikan yang terkenal pada film “finding dory”. Ikan yang bernama latin Blue Tang ini termasuk ikan surgeonfish yang hidupnya di sekitar terumbu karang di lautan dangkal. Lalu, apa saja fakta menarik dari ikan satu ini ? inilah fakta menarik tentang ikan dori yang menarik sebagai berikut.

Berikut 5 Fakta Ikan Dory

Fakta Ikan Dory

1. Ikan Blue Tang Ikan Yang Berbahaya!
Walaupun karakternya sebagai Dory di film animasi “Finding Nemo” terkenal lucu, ramah, baik dan pelupa, tapi jangan salah! Ikan ini memiliki duri yang tajamnya setajam pisau bedah pada sirip dan pangkal ekornya, itulah sebabnya ikan ini termasuk ikan yang cukup berbahaya yang dapat melukai. Woah.. harus berhati-hati ya! Jangan sampai terlena akan kecantikannya! Hehe..

2. Ikan Blue Tang Punya Ingatan Yang Bagus!
Tidak seperti karakternya yang sangat pelupa dalam film, justru ikan Blue Tang memiliki ingatan yang bagus, lho! Walaupun ikan Blue Tang otaknya kecil tapi menurut ilmuwan, ikan Blue Tang memiliki kemampuan mengingat banyak hal atau kejadian dalam lima bulan. Bahkan ikan ini dapat dilatih untuk merespon ilusi visual. Woah hebat ya!

3. Ikan Blue Tang Bisa Berubah Warna!
Walaupun nama latin dari ikan ini adalah Ikan Blue Tang yang dikarenakan tubuhnya berwarna biru mencolok ternyata tidak selalu ikan Blue Tang berwarna biru. Ikan ini bisa berubah menjadi warna ungu ketika malam hari. Bahkan ketika masih kecil pun ikan Blue Tang tidak berwarna biru, tapi kuning. Ikan Blue Tang baru berubah menjadi warna biru saat beranjak dewasa. Keren!

4. Ikan Blue Tang Dapat Membuat Terumbu Karang Menjadi Sehat
Ikan Blue Tang merupakan ikan herbivora yang memakan ganggang sehingga dapat menjaga jumlah ganggang di sekitar terumbu karang tempat tinggalnya. Karena jumlah ganggan yang terlalu banyak menyebabkan terumbu karang bisa mati.

5. Ikan Blue Tang Tidak Boleh Dipelihara!
Tidak seperti temannya yaitu ikan Clownfish, ikan Blue Tang sulit berkembang biak jika tidak berada di lautan. Itulah sebabnya dilarang untuk menangkap, memperjual belikan apalagi mengkonsumsi ikan Blue Tang demi menjaga popolusinya agar tidak punah.