Majalah Ikan – Ikan salmon menjadi salah satu bahan makanan yang sehat dan memiliki segudang manfaat bagi penikmatnya. Selain rasanya yang sedap, kandungan di dalamnya juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Lalu, apa saja kandungan tersebut dan manfaat yang bisa didapat dari ikan salmon ini?

7 Kebaikan Ikan Salmon untuk Anda dan Keluarga

Ikan Salmon untuk Anda dan Keluarga

Salmon sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan ikan lainnya. Mineral dan vitamin dalam ikan salmon juga tergolong lengkap. Karenanya, ikan yang satu ini baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan bayi yang telah lepas ASI.

Dalam salmon, terdapat mineral penting seperti kalium, selenium, dan vitamin B12. Kandungan lain yang dianggap paling berguna dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA).

Nah, selain lezat, ikan salmon memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja? Ini dia penjelasannya, Moms.

1. Menjaga Kesehatan

Penelitian menyatakan bahwa ikan salmon mengandung asam amino yang baik untuk menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin, dan mencegah peradangan saluran pencernaan.

2. Mencegah Penyakit

Konsumsi ikan salmon secara rutin dapat mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan diabetes, serta mencegah penggumpalan darah.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan omega-3 dalam salmon terbukti meningkatkan kerja dan fungsi otak. Selain untuk kecerdasan Si Kecil, omega-3 juga mengurangi risiko demensia dan alzheimer ketika sudah lanjut usia. Daya ingat akan semakin kuat dan lebih konsentrasi dalam melakukan kegiatan. Ikan salmon juga dapat mengurangi stres.

4. Mengoptimalkan Penglihatan

Asam amino dan lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan salmon juga dapat mencegah penuaan mata dan membuatnya tetap sehat.

5. Mencegah Kanker

Vitamin D dan antioksidan dalam salmon telah terbukti memiliki peran penting dalam menurunkan risiko kanker, seperti jenis kanker payudara, prostat, dan kanker kolorektal. Omega-3 yang sesuai kebutuhan tubuh juga mampu melawan sel darah atau kelenjar getah sel akibat kanker, seperti leukemia, multiple myeloma, dan non-Hodgkins limfoma.

6. Baik untuk Janin

Buat Anda para Moms yang sedang hamil, manfaat antioksidan di dalam ikan salmon juga berguna bagi ibu dan janin untuk menjaga kehamilan tetap sehat sampai proses melahirkan. Protein dan vitamin di dalam ikan salmon juga berperan baik dalam pertumbuhan otot janin.

7. Menjaga Tubuh Ideal

Karena kandungan proteinnya yang banyak, ikan salmon akan membantu Anda menjaga tubuh tetap ideal. Kandungan lemak jenuh yang sedikit juga membantu dalam proses menurunkan berat badan secara sehat. Mengonsumsi ikan salmon secara teratur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mengurangi adanya tumpukan lemak.