5 Ikan Raksasa Yang Pernah Di Tangkap

Majalah Ikan – Memancing adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Hanya dengan memancing kamu akan merasakan rasa deg – degan beradu cepat menaikan ikan. Lewat aktivitas ini pula kamu akan lebih menghargai apapun yang didapatkan. Meskipun tangkapanya kecil , namun ada rasa bangga di sana. Lebih – Lebih kalau tangkapanya super super besar, kamu pasti akan merasakan kebahagiaan yang tak terbayangkan.

Dalam sejarahnya, olahraga ini sudah menghasilkan rekor-rekor tangkapan gila. Baik untuk area lautan maupun freshwater. Melihat ukurannya sendiri akan membuatmu menganga, terlebih lagi ikan-ikan monster ini memang hanya ditangkap dengan pancing saja.

5 Ikan Raksasa Yang Pernah Di Tangkap

Penasaran dengan deretan tangkapan besar tersebut? Berikut ulasannya

1. Alligator Gar Paling Besar 104 Kilogram

Alligator Gar Paling Besar 104 Kilogram

Pernah mendengar ikan bernama Alligator Gar? Seperti namanya, ikan ini fisiknya memanjang seperti buaya dan bahkan punya bentuk mulut serta deretan gigi tajam yang sama. Ikan ini berhabitat di Amerika Utara hingga Tengah. Soal perlawanan ketika ditangkap? Hampir seagresif ketika kamu memancing buaya sungguhan. Sensasinya luar biasa!

Rekor untuk tangkapan Alligator Gar terbesar adalah milik John Paul Morris yang menangkap ikan ini di sebuah perairan di Texas. Beratnya sendiri mencapai 230 pounds alias 104 kilogram. Ya, lagi-lagi belum pernah ada rekor lain yang mengalahkan milik Morris walaupun banyak pemancing dunia yang sudah menangkapi ikan sepupu dekat buaya ini

2. Ikan Lele Terbesar 293 Kilogram

Ikan Lele Terbesar 293 Kilogram

Kamu yang sering mancing di kolam-kolam pemancingan, seberapa besar rekor ikan lele yang kamu dapatkan? Mungkin tidak pernah bakal mengalahkan yang satu ini, mungkin selamanya. Bagaimana tidak, rekor lele terbesar yang berhasil ditangkap adalah 646 pounds atau sekitar 293 kilogram. Panjangnya sendiri hampir satu setengah orang dewasa!

Ikan ini berhasil landing alias ditangkap pada tanggal 1 Mei 2005 lalu oleh seorang nelayan Thailand di perairan setempat. Ikan lele Mekong ini memang terkenal dengan ukurannya yang besar walaupun kini keberadaannya terancam punah. Kini pemancing dunia pun juga tak ketinggalan untuk menikmati sensasi tarikan sang ikan raksasa ini untuk kemudian dilepas lagi. Walaupun para angler sering menangkap ikan ini, namun belum pernah benar-benar ada rekor baru untuk ikan lele Mekong

3. Swordfish Terbesar 536 Kilogram

Swordfish Terbesar 536 Kilogram

Dilihat dari fisiknya, Swordfish punya kesamaan dengan Marlin. Hanya saja seperti namanya, ikan ini punya moncong yang lancip mirip dengan pedang. Serta yang jadi pembeda lain dari Marlin ikan ini punya sirip punnggung dan bawah yang lebih panjang. Soal tarikan? Sama buasnya seperti sang ikan primadona! Swordfish tubuhnya didesain seperti jadi Lamborghini-nya lautan alias perenang handal. Jadi bisa dibayangkan bagaimana bertarung dengan ikan seperti ini pasti sangat susah. Swordfish terbesar pernah ditangkap oleh Lou Marron, pemancing gaek asal Chile. Tangkapannya di tahun 1953 ini bobotnya mencapai 1.182 pounds atau setara 536 kilogram. Hingga saat ini belum pernah ada yang memecahkan rekor Swordfish terbesar terutama yang dipancing menggunakan kail. Uniknya lagi, Swordfish ini sekarang diawetkan untuk dipajang di Game Fish Association Fishing Hall of Fame di Miami.

4. Atlantic Blue Marlin Terbesar 635 Kilogram

Atlantic Blue Marlin Terbesar 635 Kilogram

Ada satu jenis ikan yang bisa dibilang adalah primadona. Mendapatkannya akan mampu memunculkan rasa bangga yang luar biasa, apalagi jika ukurannya sangat besar. Yup, ikan yang dimaksud adalah Marlin. Tentu ada alasannya kenapa ikan ini jadi favorit bahkan wujudnya sering dipakai sebagai simbol atau logo banyak klub memancing di dunia. Tengok saja bentuk tubuhnya yang sangat anggun itu. Memanjang dengan mulut runcingnya yang khas. Belum lagi padanan warna tubuhnya yang membuat ikan ini makin sempurna.

5. Atlantic Bluefin Tuna Terbesar 680 Kilogram

Atlantic Bluefin Tuna Terbesar 680 Kilogram

Lautan memang tempatnya monster-monster berada. Ungkapan ini tak cuma dikhususkan untuk paus atau hiu saja, tapi juga ikan-ikan konsumsi seperti tuna. Nah, rekor terbesar untuk ikan tuna ini pernah ditorehkan oleh Ken Fraser pada 26 Oktober 1979. Ukurannya yang berhasil dinaikkannya sendiri kurang lebih 1.496 pounds atau 680 kilogram. Kalau disejajarkan, ikan ini tingginya hampir dua kali lipat Fraser! Bluefin tuna adalah salah satu ikan yang paling susah dipancing berdasarkan pengalaman para Angler. Dilihat dari bentuk tubuhnya yang mirip torpedo, jelas ikan ini mampu melesat bagai roket ketika di air. Makin besar ukurannya, tentu makin susah memancingnya karena ototnya yang tentu lebih kuat. Fraser sendiri berhasil menaikkan sang monster tuna ini selama 45 menit penuh. Ya, rasa bangganya memang tak karuan ketika berhasil menaikkan ikan besar seperti ini. Sampai-sampai Fraser bikin buku yang menceritakan aksi kerennya bersama sang tuna super besar ini.