5 Ikan Hias Populer dan Mudah di Pelihara

Majalah ikan – Ikan hias adalah jenis ikan yang dapat memperindah taman maupun ruang tamu, baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dipelihara bukan untuk konsumsi.

Namun jenis ikan hias air tawar saat ini sedang populer dan banyak yang menjadikan ikan jenis ini sebagai ikan hiasan di dalam akuarium.

Ikan hias air tawar ini sendiri memiliki banyak ragam dan jenis. Ikan hias air tawar digemari karena lebih mudah dipelihara dan lebih mudah untuk di budidayakan atau perawatannya lebih praktis.

Walaupun banyak jenis ikan hias yang dapat dipelihara dan biasanya sering dicari, namun ada beberapa macam yang lebih populer diantara yang lainnya.

Beberapa ikan hias yang populer adalah sebagai berikut:

1. Ikan Cupang

Ikan ini adalah jenis ikan hias yang dahulunya hanya hidup sebagai sekelempok ikan liar di perairan sungai. Biasanya hanya akan menjadi santapan bagi para petani. Namun seiring perkembangan zaman, masyarakat sudah mengenal banyak sekali jenis dan warna dari ikan cupang. Hingga beberpa orang mulai membudidayakan dan menjualnya sebagai ikan hias.

Dan untuk urusan harga, kini ikan cupang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Walaupun harga ikan cupang sendiri akan tergantung pada jenis dan keunikan warna yang di milikinya. Tidak heran banyak berdatangan para pengusaha ikan cupang yang bertindak sebagai peternak ikan cupang.

2. Ikan Guppy

Ini adalah jenis ikan hias yang sedang populer dan tentunya sangat mudah untuk dipelihara yang berasal dari Indonesia. Ikan guppy akan sangat mudah melakukan adaptasi terhadap habitat dan lingkungan sekitarnya. Ikan guppy biasanya memiliki ukuran tubuh sekitar 2.5 cm. Banyak para penggemar ikan hias akan terpesona dengan corak dan keindahan tubuh ikan guppy ini.

Itulah kelima jenis ikan air tawar yang populer diantara ikan – ikan lainnya. Tertarik untuk mencoba memelihara atau membudidayakan ikan hias? Maka ikan guppy adalah salah satu rekomendasi terbaik. Ikan guppy telah menjadi salah satu ikan hias yang sangat populer belakangan ini.

3. Ikan Koi

Ini adalah jenis ikan hias yang sangat digemari hingga dipercaya membawa keberuntungan bagi para pemeliharanya. Jenis ikan hias satu ini terlihat menarik dengan adanya variasi dari bintik – bintik hitam yang terdapat di bagian punggung sang ikan. Beberapa penggemar ikan hias bahkan rela untuk merogoh kocek mereka hanya untuk membeli ikan hias koi ini. Ini adalah ikan hias air tawar yang terbilang mudah untuk dipelihara. Cukup dengan pemberian pakan rutin dan ditunjang dengan sirkulasi air yang lancar.

4. Ikan Manfish

Walaupun corak dari ikan ini sangat menarik dan termasuk mudah untuk dipelihara, ikan ini danyatakan ikan yang cukup brutal. Kebanyakan pecinta ikan hias yang memelihara ikan ini menyatakan bahwa manfish sering memakan atau memangsa temannya sendiri. Selain menjadi sang predator ikan manfish ini juga jarang berbaur dan penyendiri. Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk memelihara ikan ini terpisah dari ikan hias lainnya agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

5. Ikan Louhan

Ini adalah jenis ikan hias yang sempat booming pada era 2000-an. Jenis ikan ini degemari berbagai kalangan termasuk para remaja dan orang dewasa. Harganya juga termasuk mahal, walaupun kepopuleran ikan hias ini sudah mulai menurun. Tapi masih banyak yang setia memelihara dan mencari ikan hias yang memiliki tonjolan dikepalanya ini.