5.570 Ikan Dikirim ke Dubai

Untuk kali pertama, Kabupaten Bogor mampu mengekspor ikan hias. Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), menjadi tujuan 5.570 ikan hias yang secara resmi mulai diterbangkan.

Semua ikan hias yang terdiri dari jenis tetra, rainbow, silver dollar, tiger bard, chiclid, rasbora dan lainnya tersebut dibudidayakan Koperasi Ikan Hias Laladon Berkah Bersama.

5.570 Ikan Dikirim ke Dubai

Kabid Perdagangan pada Disperdagin Kabupaten Bogor Jona Sijabat mengungkapkan, ekspor perdana ini merupakan buah dari kegiatan misi dagang ke Dubai yang dilaksanakan Disperdagin pada November 2017.

”Dalam misi dagang tersebut, kami berhasil meraih konsesi ekspor untuk koperasi ikan hias dari Pet Shop LLC Dubai,” terangnya.

Jona melanjutkan, Pet Shop ini merupakan pihak yang mengelola akuarium keluarga kerajaan dan para syeikh di UEA. Pet Shop LLC ini juga institusi bisnis yang memiliki kepedulian dalam hal pemberdayaan masyarakat sehingga konsesi ini dapat tercapai. ”Selama persiapan sampai dengan terealisasinya ekspor perdana ini, Koperasi Laladon terus dalam pendampingan kami, juga tim dari Indonesia House of Products for Export atau IHOPE,” paparnya.

IHOPE ini, sambung Jona, bergerak dalam pendampingan usaha mikro yang berorientasi ekspor untuk memastikan semua proses dapat berjalan lancar. Sehingga, order ekspor dapat terus berlanjut dan ekspor ikan hias dari Kabupaten Bogor meningkat dan menyejahterakan para petani ikan.

”Selama ini, para pembudi daya ikan hias air tawar di Kabupaten Bogor hanya mengirimkan dan menjadi supplier untuk eksportir besar di seluruh Indonesia,” katanya.

Sehingga, kata Jona, margin keuntungan yang diperoleh para petani pembudi daya dari rantai bisnis ekspor ikan hias ini belum dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha ikan hias, khususnya di tingkat pembudi daya.